Senin, 29 Oktober 2012

Fashion Tak Pandang Usia

Oleh Anisa Huda Ningtyas



Bulan Oktober ini merupakan bulan yang bersejarah bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Karena di bulan ini kaum melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji. Ibadah haji adalah ritual ibadah yang mengajarkan persamaan di antara sesama. Dengannya, Islam merupakan agama yang tidak mengenal status social ketika terjadi kesetaraan aktivitas saat manasik haji.
Suara Takbir keliling diiringi tabuhan bedug telah terdengar disetiap penjuru tempat, menunjukkan akan datangnya hari raya kurban. Seluruh masyarakat menyambut hari raya ini dengan suka cita. Suara takbir yang bersahut-sahutan mengajak kita untuk sejenak melakukan refleksi bahwa tidak ada yang agung dan tidak ada yang layak untuk disembah kecuali Allah Tuhan semesta alam.
Berbeda dengan Idul Fitri yang artinya kembali kepada fitrah. Bila Idul Fitri berkaitan dengan ibadah Ramadhan, di mana setiap hamba Allah selama Ramadhan benar-benar disucikan sehingga mencapai titik fitrah yang suci, tetapi dalam Idul Adha tidak demikian. Idul Adha lebih berupa kesadaran sejarah akan kehambaan yang dicapai nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Oleh karena itu dihari tersebut ibadah yang paling utama adalah menyembelih kurban sebagai bantuan terhadap orang-orang miskin.
Dihari raya ini masyarakat mengenakan pakaian terbaik mereka, tidak kalah dengan pakaian yang dikenakan pada hari raya Idul Fitri. Bahkan ada sebagian masyarakat sengaja membeli baju baru untuk hari raya Idul Adha seperti tradisi yang dilakukan ketika akan menyambut hari raya Idul Fitri. Para pria terlihat gagah dengan mengenakan pakaian yang rapi, para wanita pun tidak kalah gaya dengan mengenakan pakaian yang menjadi trend masa kini walaupun tetap tidak mengurangi makna Islami didalamnya.
Seperti dikatakan Ibu Arum, bahwa untuk cantik dengan mengenakan pakaian yang trendy itu tidak harus saat hari penting saja melainkan dapat juga saat akan berangkat kerja atau jalan-jalan. Dan yang paling utama fashion itu tidak pernah memandang umur, mau remaja, ibu-ibu sampai orang tua pun tetap bisa tampil trendy.Walaupun sudah punya putra tapi tetap gaya”, tambah ibu Arum.


0 komentar:

Posting Komentar