Senin, 12 November 2012

Bentuk Besar, Suara Menggelegar

oleh Mohammad Yogi
Untuk era saat ini tidaklah asing jika kita sudah mendengar kata speaker aktif atau juga sering disebut sound aktif. Dari berbagai merk serta jenisnya sendiri saja speaker itu sudah sangat beraneka ragam bentuk serta jenisnya, belum lagi dari segi kegunaanya. Untuk speaker yang sering digunakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan itu sendiri pun saat ini sudah banyak sekali macamnya dari berbagai merk serta bentuknya. Lain lagi yang secara umum dan banyak orang menggunakannya adalah speaker-speaker mini biasa yang hanya ada dua speaker untuk treblenya dan satu untuk bassnya.
Mungkin untuk speaker aktif besar yang biasa digunakan untuk output pada VCD/DVD player itu sendiri saat ini sudah semakin tergusur karena sudah adanya speaker yang lebih ringkas tetapi juga tidak kalah dari segi kualitas suaranya.
Pemahaman ini berbeda dengan Dayat, seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikannya di Universitas Swasta di Yogyakarta ini tidak begitu tertarik dengan adanya keluaran-keluaran terbaru speaker saat ini. Menurutnya, keistimewaan speaker saat ini hanya terletak pada keunggulan bentuk kecilnya saja, jadi orang lebih milih menghemat tempat daripada kualitas suaranya.
Kalau saya sendiri sih tetep masih mantep menggunakan speaker yang saya punya walaupun dari segi bentuk memang memakan tempat yang lumayan banyak karena speaker ini sangat besar jika di bandingkan dengan ukuran speaker-speaker laptop saat ini” ungkapnya.
Meski demikian, lanjut Dayat speaker merk Cardion yang saya punya ini mempunyai kualitas suara yang tak kalah dengan speaker-speaker keluaran saat ini, itulah alasan kenapa saya lebih manteb menggunakan speaker ini.
Walaupun speaker ini harus menggunakan sambungan kabel lagi untuk bisa menjadi output laptop atau komputer saya, tetapi speaker ini sudah ada pengaturan volume bass dan treble serta volume echo dan volume Mic” kesannya.

0 komentar:

Posting Komentar