Senin, 12 November 2012

Batik Lebar yang Digemari

Oleh Nur Hasnah Afdila
Batik merupakan warisan nenek moyang zaman dahulu yang hingga saat ini yang masih dilestarikan. Biasanya motif batik dijadikan sebagai motif dasar kain dan pakaian. Namun, kini telah banyak produk yang menggunakan motif batik itu sendiri sebagai pola dasarnya. Seperti tas, rok, kerudung, bahkan hingga kasesoris. Motif batik telah menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dan tentunya batik menjadi salah satu hasil budaya serta kearifan lokal di Indonesia.
Berbicara soal batik, ada salah satu produk berbentuk kerudung yang memiliki pola batik dimana pada saat ini sangat tenar di kalangan remaja dan orang tua yaitu kerudung scarf batik. Kerudung ini berbentuk persegi panjang dengan bercorak batik yang tampak dikedua sisinya. Di Yogyakarta, kerudung scarf batik ini sudah menjadi salah satu tren yang membumi. Dan salah satu tempat yang menjual kerudung jenis ini adalah Toko Az-Zikra di Pasar Beringharjo lantai 2.
Di toko ini, jenis kerudung yang mendominasi adalah kerudung jenis scarf, namun kita juga bisa menjumpai jenis kerudung lainnya di sini. Berdasarkan penuturan Yanti, salah satu pramuniaga toko tersebut, jenis kerudung scarf batik bermacam-macam ada blue berry, pashmina metalik, benang emas, hingga silver. Biasanya omset penjualan kerudung ini akan meningkat drastis ketika musim haji atau umroh. Selain itu, banyak yang mengorder kerudung scarf batik ini sebagai oleh- oleh sanak keluarga dari luar jawa. Bahkan pada saat mendekati lebaran pun kerudung scarf ini banyak diminati para kaum hawa.
Biasanya, Toko Az- Zikria melakukan pembelian grosir langsung kepusatnya di Jakarta. Yanti mengatakan kerudung scraf batik hanya ada di Jakarta saja dan kami ambil langsung dari sana, karena di kota-kota batik seperti solo atau Pekalongan hanya menjual kain batik yang biasanya dikota tersebut dijadikan baju, celana, dan rok.
Awal mula kerudung scarf ini berasal dari China dan India, seteleh itu masuk ke Indonesia dan motif dari kerudung ini dibentuk dengan pola batik, sesuai dengan budaya Indonesia itu sendiri.




0 komentar:

Posting Komentar