Jumat, 05 Oktober 2012

Outlet Biru, Alternatif Belanja


Oleh Anisa Huda Ningtyas


Siapa yang tidak tertarik dengan barang merk terkenal namun berharga miring? Mungkin hampir seluruh orang menyukainya. Kini brand terkenal itu tidak hanya dapat dinikmati oleh para pemilik dompet tebal saja, melainkan  masyarakat berpenghasilan menengah pun dapat ikut merasakan memiliki barang merk terkenal tersebut. Bagi para anak muda jogja, nama “outlet biru” sudah tidak asing lagi ditelinga. Yakni sebuah outlet yang menyediakan berbagai macam pakaian, celana, sepatu, tas, dompet dan semacamnya dengan harga miring.
 Bagi pendatang baru yang masih awam dengan kota Jogja, mungkin akan sulit menemukan keberadaan outlet biru tersebut karena terlihat seperti sebuah toko baju biasa yang mirip dengan outlet-outlet baju lainnya. Yang membedakan outlet ini dengan outlet lainya, setelah kita masuk kedalam outlet  tersebut barang yang disediakan adalah barang-barang dengan merk yang terkenal tapi uniknya dengan bandrol harga yang miring, berbeda dengan bandrol harga merk tersebut ketika melihatnya di Mall-Mall.
Setelah masuk kedalam toko tersebut, saya sempat kagum karena toko tersebut berisi berbagai macam barang. Di lantai satu dapat ditemukan kemeja laki-laki, celana jeans, dompet kulit, tas kulit, dll. Saat mencoba naik ke lantai dua, barang-barang lebih di dominasi dengan barang perempuan seperti baju, gaun, tas pesta, tas kerja, dompet, dan masih banyak lagi. Berada ditempat ini membuat selera belanja setiap orang tergugah. Kapan lagi memiliki barang dengan merk terkenal dan kualitas terbaik tapi dengan harga yang masih bisa terjangkau dengan dompet mahasiswa?
Ketika smencoba berbincang dengan seorang pengunjung, baru diketahui ternyata barang-barang adalah barang yang cacat yang memang tidak dapat dijual ditoko aslinya. Akan tetapi kerusakan atau cacat tersebut tidak terlalu parah sehingga masih dapat dijual dengan harga yang lebih rendah. “Kalau mbak ke Outlet Biru,mending beli tas aja mbak,karena tasnya merk asli tapi harganya bisa bersaing sama toko lain,” ungkap seorang pengunjung bernama Rio.
Sebuah factory outlet atau yang sering disebut anak muda masa kini dengan sebutan distro ini terletak di Jl.Dr.Wahidin, Pringgolayan, Selokan Mataram,Yogyakarta. Dari arah jalan Solo, masuk ke daerah Nologaten lurus ke utara sampai tiba pada perempatan dengan sebuah bangunan besar berlantai dua disebelah kiri jalan. Teras bangunan digunakan sebagai tempat parker. Akan tetapi apabila sedang ada agenda cuci gudang, teras tersebut dialih fungsikan menjadi tempat berjualan sedangkan parkir kendaraan biasanya dipinggir jalan besar atau dirumah-rumah seberang outlet biru tersebut. Selamat berbelanja.

0 komentar:

Posting Komentar