Jumat, 05 Oktober 2012

Ciput Ninja, Simpel dan Nyaman


Oleh Taufiqurrahman

Dunia fashion memang tidak ada matinya. Trend fashion selalu cepat berubah terutamafashion muslim. Lebih terperinci lagi adalah fashion jilbab. Belum lama ini jilbab dengan berbagai pernak- pernik dan hiasan kain mulai digemari anak muda sampai orang tua. Bahkan dalaman jilbab (ciput) sendiri mempunyai variasi bentuk dan kegunaan tertentu, yakni sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan si pemakai.
Fenomena inilah yang mendorong Gusti Vita, mahasiswa KPI Dakwah semester 5, berani memakai dalaman jilbab (ciput) ninja. Selain merasa nyaman, ia juga merasa percaya diri setelah memakainya. “Saya pertama kali berani memakai ciput ninja, setelah saya merasa yakin dan percaya diri. Kira-kira itu akhir semester 4”, kisahnya.
Kepercayaan diri dalam memakai fashion jilbab merupakan suatu keniscayaan. Namun konsisi lingkungan diluar diri juga sangat berpengaruh. Begitulah menurut Fadila, mahasiswa baru jurusan mu’amalah, syari’ah ini.Disela-sela waktu luangnya, ia bercerita tentang dorongan pertama kali ia memutuskan untuk membeli ciput ninja dan mengenakannya adalah pengaruh dari teman-teman sebayanya. “Sejak kelas 3 SMA, aku udah pakai ciput ninja, mungkin pengaruh dari teman-teman yang tinggal di asrama” cetusnya.
“Teman-teman yang memakai ciput ninja saat itu kelihatan enak, dan bisa bervariasi” tambahnya. Jadi memang, tidak ada pakem khusus untuk bergaya ala hijaber. Yang jelas modal utamanya adalah keberanian diri dan kreativitas. Dengan kepercayaan itu, setiap muslimah bisa menciptakan model sendiri.
Trendciput ninja yang mulai membumiakhir-akhir ini terkesan lebih sederhana. Tapi menurut Anik Malusholihah, mahasiswi Pendiikan Biologi, fakultas Saintek ini, justru merasa kurang nyaman dan ribet memakai ciput ninja. Pasalnya, ketika ia memakai ciput ninja hawa disekitar kepala terasa panas. “Entah karena aku belum terbiasa memakai ciput ninja atau bagiku jilbab konvensial lebih simple, meskipun untuk ukuran sekarang kurang menarik”tuturnya.
Tapi, menurut mahasiswi yang belum sempat membeli Pashmina ini, menyatakan kelebihan memakai ciput ninja adalah ketika kita ingin memakai pashmina. yakni agar rambut dapat tertutup lebih rapi. Sehingga memakai fashion jilbab dewasa ini adalah sebuah pilihan bagi mereka yang ingin memakainya. “Bagiku itu hak mereka. Solehah tidak solehah seseorang bukan di ukur dengan jilbab, tetapi jilbab adalah alat untuk menutup aurat” pungkasnya.


1 komentar:

  1. sangat menarik infonya, dan terimakasih...kunjungi kembali berbagai mode http://gayamode.com/jilbab-sifon-di-padu-dengan-headband untuk menambah fashion kalian

    BalasHapus