Jumat, 05 Oktober 2012

Pilih Blackberry atau Android ?


Oleh Projo Bayu Aji 
Penggunaan smartphone di era modern, seakan menjadi kebutuhan yang tidak terelakan lagi. Hal ini tampak dari semakin banyaknya jenis smartphone yang beredar. Masyarakat menjadi memiliki banyak pilihan dalam menentukan smartphone mana yang dibutuhkan. Diantara banyaknya smartphone di Indonesia,  ada dua brand yang menjadi primadona, yaitu Blackberry (BB) dan Android. Kedua brand tersebut bersaing ketat untuk menarik konsumen di Indonesia pada khususnya. Tidaklah mudah bagi sebagian orang untuk menentukan, apakah Blackberry atau Android ?.
Menurut salah seorang narasumber kami, Fatih Fardian, seorang mahasiswa pecinta gadget, mengatakan bahwa diantara Blackberry maupun Android, ada dua hal yang sama namun berbeda. Pada dasarnya Blackberry ditujukan bukanlah untuk kelas menengah keatas, namun diperuntukan bagi para pekerja kantor dan eksekutif. Hal ini dikarenakan fiturnya yang mampu menunjang pekerjaan. Pada Blackberry, terdapat aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang bertujuan menghubungkan pengguna berhubungan langsung dengan pengguna lain untuk menambah pertemanan. Keistimewaan BBM ini  hanya dapat dinikmati oleh sesama pengguna BB. Meski demikian,  BB juga memiliki beberapa kelemahan yang sering dikeluhkan konsumennya. Seperti baterainya yang boros, pilihan model yang sangat sedikit, banyak aplikasi yang disediakan adalah java, LCD mudah rusak, dan Blackberry Service yang mahal.
Sementara itu, Android telah menunjukan taringnya. Hal ini tampak dari semakin banyaknya permintaan di pasar. Untuk pemasaran, Android membidik semua kalangan. Untuk urusan software, Android lebih unggul lewat banyaknya apilkasi yang tersedia. Namun untuk Android dengan spesifikasi yang baik memiliki harga yang relatif mahal. Disamping tidak tersedianya aplikasi messenger khusus bagi sesama pengguna Android.
Sodiq Prasetyojati, seorang trainer di Pertamina Traning Consulting, yang menggunakan kedua jenis smartphone tersebut, memiliki beberapa alasan kenapa ia menggunakan kedua jenis smartphone tersebut. Ia menggunakan BB karena pertama, memudahkannya dalam berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien dengan fasilitas BBM maupun push mail. Kedua, lebih praktis dengan adanya tombol QWRTY. Sedangkan alasan ia menggunakan Android adalah adanya unsur entertainment didalamnya. Seperti aplikasi game HD yang dapat diakses melalui Android Fitur yang dinilai lebih kompleks.
Disini kita dapat melihat bahwa antara Blackberry dan Android memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Persoalannya ialah bagaimana kita menyesuaiakan kebutuhan kita terhadap kedua smartphone tersebut. Masyarakat tentu harus bijak dalam memilihnya.(projo bayu aji)

0 komentar:

Posting Komentar