Jumat, 05 Oktober 2012

Dunia Fashion Tak Ada Matinya


Oleh M. Abdul Kholiq
Selamat datang di era modern, istilah ini akan mengantarkan kita pada pembahasan perkembangan style fashion masa kini. Fashion identik dengan pakaian atau busana. Busana merupakan kebutuhan pokok bagi setiap insan manusia untuk menutupi aurat dan kulit, selain sebagai alat pendorong mental percaya diri dalam  bergaul dan bertindak. Kepercayaan diri seseorang terlihat dari makin nyaman dan makin bagus busana yang dikenakan, akan semakin percaya diri pula seorang insan manusia menjalani kehidupan hari demi harinya.
Perkembangan dunia fashion di indonesia merata disemua kalangan, mulai dari para pejabat elit negara, para selebritis, dan rakyat pedesaan. Masing-masing memiliki mode busana sendiri-sendiri yang mencerminkan indentitasnya. Dengan banyaknya variasi maka ada banyak warna dan corak fashion di konsumsi oleh warga Indonesia.
Dewasa ini fashion mengalami suatu kemajuan yang pesat. Kita ingat-ingat lagi beberapa tren mode yang sempat sempat digandrungi di indonesia, ada tren busana harajuku yang di konsumsi oleh para remaja jepang. Mode harrajuku kemudian juga masuk ke pasar indonesia dengan sasaran pasar anak muda yang suka dengan Boyband dan menggemari film-film asia yang menjadi Brand ambasador dalam media publikasi. Lalu kemudian mode ini juga kemudian berhasil masuk pasar dan di minati oleh sebagian para remaja indonesia. Lalu kemudian setelah tren harajuku mulai merosot dan tidak di minati lagi, muncul mode fashion lain yang menyusul yang turut meramaikan dunia fashion.
Pada moment lebaran tahun kemarin banyak tren busana yang mengiringi nuansa lebaran, diantaranya tren jilbab syahrini, jilbab mudzalifah yang merupakan nama seorang istri dari penyanyi dangdut nadzar, dan masih banyak tren lain yang tidak terekpos.
Secara logika perkembangan fashion di indonesia juga mengikuti proses globalisasi dunia, usaha fashion merupakan suatu peluang bisnis yang akan terus menguntungkan dan diminati oleh para konsumen. Didukung dengan iklim indonesia yang jika di lihat dari statistiknya merupakan negara yang  memiliki iklim warga yang konsumtif. Salah satunya konsumtif dalam mengikuti perkembangan mode pakaian yang tergambarkan dari mode fashion yang di kenakan oleh muda mudi Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar