Senin, 29 Oktober 2012

Jas dan Kokoh yang Elegan

Oleh Adi Supriyanto



Umat muslim sedunia sedang lebaran idul Adha yang sering disebut hari kurban. Hari raya ini datang setahun sekali dan disertai dengan musim haji sebagai rukun Islam kelima. Pada pagi harinya disunnahkan untuk menunaikan sholat Idul Adha berjama’ah di masjid-masjid terdekat. Qurban yang dimaksudkan tersebut adalah menyembelih hewan korban seperti kambing, sapi, kerbau dan unta (untuk masyarakat Arab). Diwajibkan bagi mereka yang secara ekonomi mampu untuk membeli dan menyembelih hewan korban pada hari Idul Adha. Selain bersedekah juga untuk membantu mereka yang secara ekonomi kurang mampu dan mensejahterakan masyarakat sekitar agar mereka ikut merasakan kebahagiaan yang kita miliki semua sebagai umat Muslim.
            Dengan tradisi seperti ini masyarakat indonesia khususnya orang muslim tidak terlepas dari gaya busana pakaian muslim untuk menyambut hari raya idul adha. Mulai dari busana muslimah untuk perempuan dan muslim bagi yang laki-laki. Pada dasarnya dalam dunia fashion seorang perempuan itu lebih utama dalam penampilan maupun gaya, akan tetapi tahun-tahun ini seorang laki-laki pun ikut serta dalam trend masa kini.
            Model busana jas semi kokoh ini sedang hangat dikalangan pria muslim dalam melaksanakan ibadah maupun pada hari raya. Motif ini memiliki makna kewibawaan seseorang ketika memakai pakaian tersebut. Dengan warna yang tidak mencolok dan teduh dilihat oleh mata membutanya digemari oleh kalangan laki-laki dalam beribadah. “Saya merasa lebih dewasa ketika memakai pakaian ini, elegan, dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas beribadah. Jas semi kokoh ini bisa digunakan dimanapun tempat dan bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitar jadi saya lebih memilih busana ini karena mempunyai beberapa manfaat”, ujar Muhammad Fajar santri Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek L Krapyak Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar