Senin, 29 Oktober 2012

Mukena Batik Yang Cantik

Oleh Laelatul Pathia


Keberagaman merupakan ciri khas Indonesia. Beragam bahasa, budaya, adat istiadat, ras, makanan, bahkan gaya hidup. Tak heran jika Indonesia banyak dikunjungi wisatawan dari luar negeri. Keberagaman tersebut harus dipelihara sebagai bagian dari aset kekayaan negara, Kekayaan yang tak bisa dijual serta diakui oleh sembarang individu maupun Negara lain.
Salah satu kekayaan budaya kita adalah batik. Batik yang merupakan salah satu aset yang dimiliki Indonesia tepatnya dari Jawa Tengah ini selalu indah untuk dipakai. Batik yang dahulu terkesan tua dan norak sudah banyak diminati oleh remaja dan anak-anak karena karya desainer Indonesia yang inovatif dalam menciptakan pakaian batik agar lebih terlihat modis dan simple.
Inovasi desainer-desainer ini bukan tanpa alasan. Mereka menciptakan model-model baru agar batik menarik digunakan pada era ini. Butik Larasati Batik misalnya, butik ini memproduksi aneka mukena yang didesain cantik dengan padu padan warna-warni yang cerah dan apik, berbahan dingin, serta nyaman dikenakan untuk beribadah.
Mukena-mukena tersebut dibuat secara eksklusif  karena tiap warna dan motif dibuat dalam jumlah terbatas. Mukena ini sangat cocok untuk remaja. Mukena Larasati Batik ini dijual mulai dari harga Rp 160.000,00 sampai Rp 200.000,00. Butik yang beralamat di jalan Imogiri Timur KM 9 Dusun Jati Rt. 06 Wonokromo Pleret Bantul ini menyediakan berbagai macam produk dengan bahan dasar batik, seperti seragam kantor, sarimbit, baju dewasa, baju anak, aksesoris, souvenir, dan lain-lain.
Seperti penuturan Mila, “Saya suka dengan kreasi batik di Larasati Butik ini, karena simple dan tidak terlihat tua, selain itu juga harganya cukup terjangkau untuk kelas mahasiswi, ya lumayanlah bisa menyisihkan dari uang jajan”, kata mahasiswi salah satu Universitas di Yogyakarta ini sambil tersipu malu.
Diakui oleh Irma salah seorang pegawai di Larasati Butik ini, mukena merupakan produk yang paling banyak dicari menjelang hari raya Idul Adha ini. “Kalau sekarang yang paling banyak dicari mukena batik sih mbak, selain harganya murah, mukena batik juga nyaman dipakai karena bahannya halus dan tidak panas”, tegasnya.
Jadi, untuk para remaja tak ada salahnya memakai batik tanpa takut terkesan norak dan tua. Dan yang paling membanggakan adalah kita dapat melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia dalam ritual ibadah sehari-hari kita. Ayo gunakan batik kapan pun dan dimana pun...

0 komentar:

Posting Komentar