Senin, 29 Oktober 2012

Kerudung Pasmina Untuk Hari Raya

Oleh Irma Suryani


Suasana idul adha masih terasa dalam keseharian kita. Semangat berkorban pun senantiasa didengungkan mengiringi indahnya bulan haji kali ini. Ketika momentum ini datang banyak toko yang menawarkan dresscode atau pakaian khusus untuk dikenakan waktu hari raya. Salah satunya yakni Rumah Mode Muslim Al-Fath yang mendisplay model kerudung Selendang Pasmina sebagai pilihan gaya berbusana.
Kerudung ini mempunyai banyak pilihan warna mulai dari warna cerah yang menggugah semangat, warna casual yang lembut, sampai warna gelap yang teduh. Motif pun beragam mulai dari polkadot, bergaris, dan bunga-bunga. Kerudung yang cocok dipadupadankan dengan ciput ninja ini terbuat dari bahan ceruti yang empuk dan lembut, sehingga cocok dipakai dimana saja.
Pada momen idul adha kali ini tidak ada patokan kerudung yang wajib dipakai. Namun diusahakan agar tidak menggunakan warna gelap atau hitam. Warna – warna lembut lebih diutamakan mengingat situasi hari raya yang bahagia. Seperti penuturan Normaera, “Kalau hari kurban paling bagus warna kalem seperti krem dan pastel”, ujar karyawati Rumah Mode Islam Al-Fath ini.
Jenis bahan yang ‘jatuh’ di badan membuatnya bisa dibentuk, diatur, dan dikreasikan ke berbagai gaya. Banyaknya pilihan warna juga menjadi keunggulan tersendiri yang membuat kerudung ini bisa dikombinasikan dengan bermacam aksesoris lain sehingga bisa dibentuk berbagai model yang bervariasi. Aksesoris yang biasa dipakai untuk pelengkap adalah korsase bunga dan bros tembaga.
Sedangkan kelemahan dari jilbab ini adalah cara pemakaiannya yang sedikit ribet dan membutuhkan ketelitian tinggi. Apalagi bila sudah dibentuk menjadi berbagai variasi, membuat model ini mudah berantakan. Senada dengan Norma, “Kalau tidak telaten merapikan jilbab ini bisa rusak dandanannya”, selorohnya.
Lebih lanjut, Norma mengatakan bahwa harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 40.000,00, Rp 80.000,00, sampai pada Rp 160.000,00 tergantung dari motif, lebar kerudung, dan kualitas bahan ceruti yang digunakan. “Semakin bagus dan lebar jilbabnya pasti semakin mahal”, tutup gadis yang sudah empat tahun bekerja di gerai yang terletak ini Jalan A. Yani Malioboro nomor 86 ini.

0 komentar:

Posting Komentar