Senin, 26 November 2012

Blazer Formal Berkualitas


Gambar ini diperoleh dari contoh desain
 yang ditunjukkan oleh Bp. Sagimin
Oleh Irma Suryani
Dalam acara – acara formal selalu dibutuhkan kecocokan antara konsep dengan pakaian yang dikenakan. Menghadiri undangan resmi membutuhkan dress code yang sesuai dengan jenis acara. Agenda – agenda semacam pelantikan gubernur, upacara kenegaraan, hingga wisuda mahasiswa tidak pernah terlepas dari pakaian resmi yang biasa disebut blazer.
Blazer formal lebih sering disebut juga sebagai jas. Bentuk dan desain yang banyak menyerupai jas pria membuat sebagian besar orang menyamakan blazer dengan jas. Namun, anggapan itu kurang tepat jika melihat dari pendapat seorang penjahit profesional bernama Sagimin, “pakaian formal laki – laki itu disebut jas, sedangkan untuk wanita itu adalah blazer”, tutur penjahit yang bermarkas di Jl. Janti no 81 ini. Akan tetapi, seiring perkembangan jaman, blazer dan jas formal mengalami pergeseran makna menjadi dua kata yang berlawanan makna.
Menurutnya, blazer formal mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan blazer santai. Salah satunya adalah pemakaian kupner, yakni suatu bahan pelapis yang diletakkan diantara dua kain dengan tujuan agar terbentuk siluet pakaian. Selain memakai bahan kain merek Imego yang bertekstur halus dan lembut,  juga ditambah dengan puring Dormeneuil England agar terasa dingin dan adem dipakai.
Lebih lanjut, Sagimin mengatakan menjahit blazer atau jas formal merupakan teknik jahit yang paling sulit dibandingkan dengan menjahit model pakaian apapun. Selain memakan waktu yang lebih lama juga dibutuhkan ketelitian dan keterampilan yang tinggi.“belum bias menjahit jas atau blazer berarti belum dikatakan penjahit profesional”, tukas Sagimin.
Jika dilihat dari segi harga, sepasang blazer formal sekaligus dengan celana dipatok dengan harga Rp 500.000,00. Harga ini sudah termasuk dengan kain yang akan dijahit.  Jika hanya menjahit blazernya saja tanpa celana maka diberitarif Rp 350.000,00 saja. Sagimin memberikan patokan waktu selama 15 hari untuk menyelesaikan satu pasang blazer dan celana. Selain itu juga menerima pesanan dalam jumlah banyak minimal 10 buah yang bias diselesaikan dalam waktu minimal 2 (dua) bulan. “semua dikerjakan professional menggunakan bahan dan jahitan yang berkualitas dengan harga kompetitif dibanding tempat lain”, pungkasnya seraya tersenyum.



0 komentar:

Posting Komentar