Senin, 26 November 2012

Simple dengan Selempang

Oleh Laylatul Pathia
Bergaya praktis nan santai mungkin sudah banyak kita lihat dikalangan remaja saat ini. Mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, maupun tas yang mereka gunakan terkesan simple tapi tetap eye catching. Tampilan seperti ini kadang membuat mereka lebih percaya diri dan tidak terlalu terikat pada acara tertentu. Tas adalah salah satunya. Tas merupakan barang yang digunakan sebagai pelengkap agar penampilan kita lebih anggun dilihat orang, terutama untuk perempuan.
Tas yang digunakan saat berpergian berfungsi untuk menyimpan barang bawaan seperti handphone, make-up, dompet, laptop ataupun yang lainnya sehingga semua barang tidak tercecer dan tidak bingung mencari karena barang terkumpul dalam satu tempat. Tas seperti apa yang praktis dan santai tapi tidak menghilangkan karakter kita? Tas selempang salah satunya. Tas selempang atau yang biasa disebut postman bag merupakan tas simple yang ditaruh  dibagian bahu kanan atau kiri seseorang. Tas ini banyak digunakan remaja terutama remaja perempuan. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya ide kreatif dari para pembuat tas, maka tas selempang juga banyak digunakan laki-laki dalam berbagai acara.
Postman bag ini terbuat dari bahan lembut dan awet dengan berbagai jenis bahan dasar seperti kain kanvas dan kulit.Tetapi, kebanyakan pengrajin tas lebih banyak membuat tas dari bahan dasar kain kanvas karena ia lebih lembut dan nyaman digunakan. Selain itu tas selempang harus dibuat dengan jahitan rapi serta memiliki ikatan tali yang kuat agar bias membawa barang yang dibawa sipemakai dengan muatan yang cukup banyak. Tas praktis ini sangat mudah kita dapatkan diberbagai took tas di Indonesia dengan model, warna, serta harga yang bervariasi. Rata-rata postman bag ini dijual dengan hargaRp 100.000,00 sampai Rp 150.000,00 dengan kualitas memuaskan.
Akan tetapi tas selempang ini mempunyai kelemahan dibandingkan tas ransel. Tas ransel lebih dapat memuat barang lebih berat dibandingkan tas selempang. Maka, hendaknya si pemakai lebih pintar dalam memilih barang yang akan dimasukkan dalam tas ransel, karena walaupun tas selempang terbuat dari kain kanvas yang dijahit dengan ikatan yang kuat, namun bias menimbulkan pegal dan nyeri pada bahu si pemaka ijika muatan dalam tas melebihi kekuatan dan kesehatan si pemakai. “Kalau saya sih lebih enak tas selempang ya daripada ransel, karena kalau ransel itu kesannya kita mau berpergian jauh, tapi kalau tas selempang itu lebih santai aja”, ujar Gathit mahasiswi Psikologi 2010.

0 komentar:

Posting Komentar