Senin, 26 November 2012

Memaksimalkan Fungsi Flash disk


Oleh Tiya Oktaviana
Semua orang pasti menggunakan Flash disk, sebuah storage berukuran fisik kecil tetapi mempunyai kapasitas penyimpan hingga yang terbesar saat ini adalah 64 Giga Byte. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai berukuran kecil, bentuk boneka, warna-warni, sehingga menarik untuk dimiliki tidak sedekar berfungsi menyimpan saja tetapi juga unik untuk dikoleksi. Seperti gadis belia yang satu ini, Novani Ayunda Tara menjadi salah satu penyuka flash disk dengan model beraneka yang lucu. “Lucu aja sihh, bentuknya imut-imut karena kecil dan warnanya cantik-cantik” ungkapnya ketika ditemui.

Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya Flash disk ini bukan hanya berfungsi untuk memindahkan atau transfer file atau menyimpan dokumen atau file penting di dalamnya? Sebenarnya banyak fungsi yang bisa didapatkan dari benda sekecil ini. Meskipun fungsi utama memang untuk menyimpan dan mentransfer file tetapi apabila ditilik sebenarnya mempunyai fungsi lain yang cukup berguna. Seperti yang dikutip dari Cnet, berikut tips dan trik menggunakan Flash disk :

1.      Kunci Komputer dengan flash disk
Gunakan software Predator untuk merubah USB Anda menjadi sebuah Kunci. Kunci yang dimaksud adalah mengunci komputer Anda ketika Flash disk dicabut dari komputer dan membuka kunci ketika flash disk terpasang di komputer. Apabila dalam kondisi terkunci, ada yang ingin menggunakan komputer maka akan tertulis pesan Access Denied pada layar.
2.      Scanning Virus dengan flash disk
Install Antivirus AVG rescue yang bisa dimasukan ke dalam Flash disk Anda. Lalu colokan flash disk tersebut apabila Anda ingin menggunakan komputer tersebut agar bisa scanning virus. Apabila berjalan lancar, maka komputer tersebut aman digunakan
3.      Jalankan aplikasi , games dan utilities dari Flash disk
Dengan Flash disk Anda bisa menjalan aplikasi seperti Firefox, chrome, Open Office dan lain-lain. Game-game ringan berbasis Flash pun bisa dijalankan menggunakan Flash disk
4.      Install dan Tes Windows 8 atau Linux dengan flash disk
Mau mencoba merasakan Windows 8? Bisa menggunakan Flash disk dengan menginstall consumer preview. Atau ingin mencoba Linux di Komputer? Semua bisa dilakukan dengan hanya menggunakan Flash disk. Caranya? Google bisa membantu sepertinya..:)
5.      Penyimpanan yang aman
Jadikan penyimpan yang aman dengan mengenkripsnya. Apabila flash disk hilang ataupun dicuri tetap aman.
6.      Mengatur dan memelihara komputer Anda dengan flash disk
Install Parted Magic, software untuk mereset password di Windows, clone sytem dan juga partisi hardisk hanya melalui flash disk.
7.      Install Windows 7 di Mac
Anda bisa menggunakan flash disk untuk menginstall Windows 7 di Mac. Sehingga Mac Anda bisa menjadi dual boot.
Menarik bukan? Jadi mulai sekarang berdayakan flash disk Anda dengan mencoba tips diatas, agar flash disk Anda yang berkapasitas besar bisa mempunyai fungsi lain daripada hanya menjadi media penyimpan atau untuk transfer file saja.

0 komentar:

Posting Komentar