Senin, 26 November 2012

The Storage Doll


Oleh Zaka Putra Ramdani 
Dahulu orang berbondong-bondong memakai jasa disket untuk menyimpan file-file penting dari personal computer (PC) yang dimiliki. Terhitung sejak tahun 1990 kebutuhan konsumen akan fungsi dan manfaat perangkat keras yang satu ini sangatlah massif. Dengan kapasitas maksimal 1,5 Mb, piringan kecil tipis berwarna hitam ini mampu menyimpan kurang lebih 1000 file bentuk document words. Ya,saat itu perangkat ini belum dapat untuk menyimpan file berbentuk audio dan video serta berbagai driver dan installer aplikasi software atau perangkat lunak yang dipakai di komputer.
Namun keraguan akan adanya perangkat yang mampu melakukan hal di atas akhirnya terjawab dengan munculnya si kecil flashdisk. Di era modern ini kehadiran flashdisk menggantikan peran disket sebagai storage hardware atau perangkat penyimpan. Cina, Korea, Jepang mulai berduyun-duyun memproduksi flashdisk untuk memenuhi kebutuhan pasar akan hardware penyimpan file-file dengan size relatif besar. “Saat ini ukuran kapasitas flashdisk bisa mencapai 64 Gb”, ujar Dedi seorang pengelola stand gadget di Jogjatronik.
Berbagai merk mulai membanjiri pasar flashdisk di Indonesia, lanjut Doni, diantaranya Kingston, Transcend, Toshiba, Sandisk, HP, dan masih banyak lagi lainnya. Diantara beragam merk yang ditawarkan tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Karena jika dilihat dari harganya saja berselisih walaupun dengan kapasitas yang sama. “Merk Kingston berbeda dengan Toshiba”, jelas Dodi.
Namun, yang unik saat ini ialah diproduksinya flashdisk dengan varian bentuk boneka berukuran mini. Jika dibilang baru juga tidak, pasalnya produk-produknya sudah ada di pasaran sejak 2 tahun yang lalu, tapi baru tahun ini mulai ramai diminati konsumen IT. Banyak tokoh-tokoh kartun dan animasi seperti doraemon, spongebob, super mario, pooh, kitty serta masih banyak tokoh lainnya yang diproduksi untuk menjadi cover atau chasing flashdisk agar lebih menarik.
Walaupun ukurannya terbilang mini, flashdisk boneka juga memiliki beberapa varian kapasitas. “Mulai dari 4 Gb hingga 32 Gb”, tambah Dodi. Selain fungsi vitalnya sebagai perangkat penyimpan file-file dari komputer dan laptop, flashdisk jenis ini juga dapat dijadikan souvenir atau gift bagi keluarga dan teman. Bentuknya yang lucu dan unik bahkan tidak mempengaruhi harga banderol produk yang satu ini. “Untuk harga tidak berbeda jauh dengan flashdisk pada umumnya, untuk kapasitas 4 Gb dihargai 65 ribu dan 8 Gb biasanya 75 ribu rupiah”, tutup Dodi sembari tersenyum.

0 komentar:

Posting Komentar