Senin, 22 Oktober 2012

Mukena Parasit, Simpel dan Irit


Oleh Irma Suryani, Bagi anda wanita yang mempunyai aktivitas mobile yang tinggi, mungkin akan kerepotan tiap kali melaksanakan shalat wajib. Beruntung bila menemukan tempat ibadah yang nyaman dan aman, termasuk pula kelengkapan fasilitas pakaian ibadah wanita yang biasa disebut mukena.
Keberadaan mukena menjadi salah satu faktor kenyamanan ibadah, seperti penuturan Fitri Handayani, “mushola yang bagus itu bila tempat wudu bersih tertutup dan ada mukena yang layak pakai”. Menurut pengalaman mahasiswi UAD tingkat akhir ini, seringkali menemukan masjid tanpa ketersediaan mukena yang memadai, baik dari kurangnya jumlah, maupun kondisi yang sudah kotor, sehingga memaksa Fitri untuk membawa mukena sendiri.
Membawa pakaian ibadah pribadi menjadi pilihan tersendiri bagi yang tidak ingin mendapati fasilitas masjid kurang memuaskan. Beberapa tahun yang lalu hanya tersedia jenis mukena berbahan katun yang tebal dan berat. Kini sudah tersedia banyak jenis mukena yang lebih ringan yang biasa disebut mukena airbrush parasit.
Seorang karyawati Raja Murah Putra, Susi Setyawati memaparkan bahwa mukena parasit merupakan jenis yang banyak dicari mahassiwa dan pelajar. Selain harganya yang miring, juga berbahan mengkilap yang bisa memberi kesan mewah. Bentuk yang ringan membuatnya mudah dibawa kemanapun berada. “mukenanya ga berat dan ga memenuhi tas”, ujar waitress yang baru 2 (dua) bulan bergabung dengan toko jilbab dan aksesoris muslim ini.
Lebih lanjut Susi mengutarakan bahwa warna yang banyak digemari adalah coklat muda, merah maroon, dan toska, menyusul kemudian warna hijau muda, merah jambu, dan ungu. “Warna tersebut banyak dipilih karena memberi kesan lembut dan sesuai dengan tipe perempuan yang suka dengan warna warni cerah”, lanjutnya.
Disamping kelebihannya yang simpel dan harga relatif terjangkau, barang ini mempunyai kelemahan yang tidak dapat dipungkiri. Bahan yang terlalu tipis memungkinkan lebih cepat robek, rusak, dan tidak tahan dengan panas setrika sehingga tidak dianjurkan untuk  menyeterika mukena ini. Oleh karena itu, dengan perawatan yang tepat diharapkan lebih bisa memperpanjang umur pemakaian.
Berbicara mengenai harga, toko yang terletak di Jl. Gejayan ini memasang tarif Rp 23.000,00 untuk mukena berukuran kecil dan Rp 35.000,00 untuk ukuran lebih besar. Semua bahan mukena parasit adalah sama sehingga harga hanya ditentukan dari besar kecilnya ukuran. “Yang besar dengan yang kecil itu kan pasti beda harganya, mbak”, pungkasnya seraya tersenyum.


0 komentar:

Posting Komentar