Minggu, 04 November 2012

Ikat Pinggang Ber-Kulit


Oleh Muhammad Abdul Kholiq,
Mencoba ingat kembali , dahulu fungsi ikat pinggang hanya sebatas pengikat celana agar rapi, tidak melorot, serta mempunyai bentuk yang tidak bervariasi. Seiring perkembangan zaman, fungsi ikat pinggang tidak lagi hanya sebatas itu. Walaupun peranannya bukan sebagai kebutuhan pokok fashion, akan tetapi di zaman modernitas ini peran dan fungsi dari ikat pinggang sangat diperhatikan untuk menambah penampilan agar lebih kece dan percaya diri.
Sesuai dengan pola pikir manusia yang kreatif, sangat kita rasakan bagaimana pesatnya kemajuan model ikat pinggang. Bilamana dulu sering kita jumpai ikat pinggang yang hanya monoton dan terlihat biasa aja, akan tetapi sekarang ikat pinggang sudah didesain dengan beragam jenis dan modenya. Beberapa ada yang terbuat dari kulit, rotan dan lain sebagainya, terutama ikat pinggang untuk kaum pria.
Di indonesia terdapat banyak usaha yang memproduksi ikat pinggang, akan tetapi dari ribuan pengrajin Indonesia ini ada satu yang unik dan menarik yakni Kerajinan Kulit Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta. Dusun manding sudah terkenal sebagai sentra kerajinan kulit sejak tahun 1970-an. Kerajinan kulit di desa ini dipelopori oleh tiga pemuda setempat, yaitu Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo, dan Wardi Utomo. Keahlian mengolah kulit mereka dapatkan ketika bekerja di sebuah perusahaan kulit di Kota Yogyakarta pada tahun 1947. Pada tahun 1958, mereka memutuskan untuk pulang kampung dan mendirikan usaha sendiri dengan memproduksi tas, jaket, ikat pinggang dan lain-lain.
Dwijo Hadi Suyono, pemilik Toko Selly Kusuma mengisahkan, sejak ketiga orang itu merintis usaha kerajinan kulit di Manding, banyak warga yang tertarik mengikuti jejak mereka. Lambat laun banyak warga setempat yang berprofesi sebagai perajin kulit. Pada tahun 1970-an, dusun ini pun mulai menjelma sebagai kerajinan kulit. Semua kerajinan di desa manding di produksi oleh bahan dasar kulit, mulai dari sepatu, tas, aksesoris dan ikat pinggang. Ikat pinggang yang di produksi oleh desa manding merupakan produk berkualitas tinggi, dan di produksi dengan segala macam kreatifitas dan menyesuaikan dengan model terkini. Ada ikat pinggang yang berbentuk rajutan, ada juga yang di desain seperti nampak kulit aslinya dengan di tambahi stenlis untuk menciptakan kesan elegan bagi pria yang memakainya.

0 komentar:

Posting Komentar