Senin, 03 Desember 2012

Mengintip Sony VAIO EC (VPCEC490X)


M Libradika H.A

Berita teknologi terbaru, Sony VAIO menghadirkan sebuah notebook berlayar lebar kategori pengganti desktop, ia adalah Sony VAIO EC (VPCEC490X), notebook 17.3-inch ini dilengkapi dengan prosesor Core i3 dan grafis ATI, menyediakan banyak tenaga untuk tugas-tugas sehari-hari disamping video game.
Dalam hal ini saya mencoba mencari informasi tentang notebook ini, akhirnya setelah berusaha mencari-cari saya menemukan teman saya memakai notebook ini, dan saya mencoba untuk melihat spesifikasi untuk notebook ini, berikut informasi dari notebook ini,,,
Sfesifikasi Sony VAIO EC (VPCEC490X) :
Desain
Desain VAIO EC tidak begitu menyolok seperti notebook Sony lainnya seperti Seri M, tapi secara keseluruhan terlihat bersih, ukuran 16.1 x 10.8 x 1,3 inci, sehingga notebook ini cukup ideal untuk dibawa kemana karena praktis dan menarik.
Panas
Di sebagian besar area notebook, VAIO EC cukup dingin. Suhu antara tombol G dan H dan touchpad adalah 88 dan 83 derajat setelah menonton klip video selama 15 menit. Bagian tengah bawah hanya mencapai 84 derajat. Daerah pada lubang panas mencapai 108 derajat
Keyboard dan Touchpad
Untuk keyboard VAIO EC menawarkan keyboard yang besar dan nyaman serta terdapat sekelompok tombol angka di sisi kanan dengan tombol-tombol yang besar sehingga kita bisa leluasa melakukan pengetikan cepat dan nyaman.
Permukaan sentuhan berlesung pipit dan mudah untuk ditemukan tanpa harus melihat, tapi ditemukan aplen touchpad agak miring. jadi perlu hati-hati untuk menggeser touchpad agar tidak bergeser pada luar area. Dua tombol mouse berbeda namun kenyal dan responsif. Jadi untuk keyboard dan touchpad notebook ini cukup memuaskan.
Port dan Webcam
Disini notebook Sony VAIO EC memiliki tiga port USB yang terletak di kanan depan dan satu USB combo/port eSATA di sebelah kiri. Anda juga akan menemukan plus HDMI VGA, ExpressCard/34, SD Card, Memory Stick, dan sebuah DVD drive, jadi notebook ini memiliki perlengkapan yang sangat mendukung untuk kebutuhan-kebutuhan pemakainya.
Namun Webcam produk ini belum begitu mumpuni, tapi notebook ini memakai ArcSoft Webcam Companion, yang mencakup efek menyenangkan dan ditambah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah webcam menjdai system monitoring.


Tampilan dan Audio
Untuk tampilan Sony VAIO EC dilengkapi dengan layar 1600 x 900 tajam dan berwarna-warni. Speaker berada di atas dek dan menghadap ke atas, untuk audio jernih. Sayangnya, volume VAIO itu tidak kuat seperti yang kita inginkan.


Kinerja
Untuk kinerja notebook ini dibekali dengan Intel Core i3-380M 2.53-GHz dan RAM 4GB,Bagi pengguna yang mencari notebook yang bisa menangani beberapa video editing ringan akan senang dengan kecepatan VAIO EC ini, ini menjadi nilai plus sendiri buat notebook ini karena memiliki kecepatan yang mumpuni untuk kategori note book.
Graphics
Untuk kartu grafis VAIO EC ini memakai ATI Mobility Radeon HD 5470 dan 512MB VRAM. Jadi cukup untuk memainkan game-game yang lagi trend saat ini, ketika saya mencoba pada game world of warcraft pada resolusi penuh (1600x900) tidak ada kendala yang terjadi, mantep lah pokoknya…hehehe


Kesimpulan
Tidak bisa dipungkiri bahwa notebook ini dihadirkan dengan keyboard dan kinerja yang cukup bagus untuk mendukung produktivitas dan video game mainstream. Namun, ada pilihan yang lebih baik di luar sana. Seperti Dell Inspiron 17R dengan spesifikasi yang sama (Core i3 CPU, ATI Mobility Radeon HD 5740 graphics, 4GB RAM, dan hard drive 500GB).

0 komentar:

Posting Komentar