Senin, 03 Desember 2012

Processor yang Cocok Untuk Graphic


Oleh Mohammad Yogi
Begitu cepatnya perkembangan sebuah teknologi dunia saat ini. Tak bisa di pungkiri kehidupan kita sudah di kelilingi dengan teknologi-teknologi yang semakin canggih. Kita ambil saja contoh sebuah foto yang dahulu hanya bisa di lihat saat sudah di cetak, sekarang foto tersebut bisa kita lihat dahulu bagus dan tidaknya sebelum mencetaknya. Dengan menggunakan perantara laptop ataupun langsung pada kamera tersebut seorang yang ingin mencetak sebuah foto bisa melihatnya dahulu dari alat tersebut. Dari proses sebelum mencetaknya saja kita sudah merasakan perkembangan zaman saat ini sudah semakin canggih. Lain lagi dengan proses saat mencetaknya, pada era dulu memang jika seorang ingin mencetak sebuah foto harus menunggu berhari-hari untuk melihat hasilnya dan belum tentu semua foto tersebut bagus hasilnya.
Untuk saat ini jika seorang ingin mencetak sebuah foto tidaklah harus menunggu berhari-hari, tetapi hanya menunggu beberapa menit saja untuk melihat hasil dari foto tersebut dalam bentuk gambar. Dari proses pencetakan itu kita bisa lihat perkembangan sebuah teknologi mesin pencetak foto yang sangat canggih untuk era saat ini. Masih banyak lagi teknologi-teknologi lain yang tak sengaja kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak lepas dari pembicaraan sebuah foto, banyak sekali pendukung-pendukung untuk menghasilkan sebuah foto yang kita inginkan. Antara lain dengan adanya kualitas kamera yang memadai serta mesin cetaknya yang mendukung kualitas kamera tersebut.
Oleh karena itu, terkadang sebuah kamera yang sangat canggih akan percuma jika mesin cetaknya hanya biasa-biasa saja. Misalnya hanya khusus untuk mencetak sebuah document/surat penting yang didalamnya hanya terdapat teks saja. Sehingga butuh suatu keseimbangan suatu teknologi yang memadai jika nantinya seorang tersebut ingin menghasilkan sebuah foto yang bagus.
Tetapi berbeda dengan seorang mahasiswa Amikom yang satu ini, ia adalah Yusuf. Ia tidak setuju dengan anggapan orang yang selalu ingin memiliki sebuah kamera yang bagus sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah foto yang bagus pula. Menurutnya tehnik mengedit foto sebelum di cetak juga merupakan unsur penting untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus. Foto yang bagus itu tidaklah mutlak dari kualitas dan kecanggihan kamera tersebut, tetapi dari bagaimana orang tersebut mengambil foto serta kemudian mengeditnya, tuturnya.
Untuk soal ketajaman dan kualitas warna yang semakin banyak memang diperlukan dalam kualitas sebuah foto yang bagus tersebut. dalam hal ini alat pendukung untuk mengedit fotopun juga harus diperlukan agar nantinya dalam proses pengeditanya menjadi maksimal. Menurut mahasiswa yang sudah menginjak semester 5 ini, suatu processor juga sangat berpengaruh dalam mengedit suatu foto, film, atau gambar-gambar lain yang berbau graphic tersebut. Jadi tidak sembarang laptop saja yang bisa di instal sebuah software-software pendukung untuk mengedit foto tersebut. Saya lebih suka dengan laptop merk Compaq dan dengan di dukung processor AMD, processor intel memang bagus tetapi bagi saya untuk ketajaman gambarnya intel masi kurang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar