Senin, 03 Desember 2012

Tepat Memilih Sepatu Sport


Oleh Nur Hasnah Afdilah
Sepatu merupakan alas kaki yang fleksibel digunaan dalam setiap apa pun dan dimana pun. Kegunaan dari sepatu berbagai macam tergantung jenisnya seperti pada sepatu kets yang sering digunakan untuk bersantai, nongkrong, dan jalan-jalan. Ada juga yang menggunakan sepatu kets untuk olah raga dan naik gunung. Jenis sepatu yang cocok digunakan untuk olah raga dan naik gunung adalah sepatu sport.
Berdasarkan penuturan Anin seorang karateka sabuk hijau mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sepatu sport biasanya digunakan untuk olah raga dan jogging. Alasannya karena nyaman dikenakan pada kaki yang sering digerakkan pada saat olahraga untuk mnghindari keseleo atau cedera lain yang bisa berakibat fatal.
Perlu diperhatikan dalam memilih sepatu sport jangan hanya memilih warna atau motif saja tetapi juga harus mempertimbangkan keberadaa spon yang ada didalam sepatu, karet untuk alas kaki, dan bahan dari sepatu itu sendiri. Tujuannya tak lain agar sepatu menjadi nyaman dikenakan sesuai jenis olah raga yang dilakukan. “Sering saya gonta-ganti sepatu karena tidak nyaman lalu setelah memakai merek Gibor sepatu olah raga, saya merasa nyaman dikaki, sponnya yang lembut, bahannya yang tidak berat kalau di pakai olah raga atau naik gunung, dan harganya terjangkau untuk ukuran mahasiswa antara tidak terlalu mahal dan tidak pula terlalu murah”, tutur anin sambil memperlihatkan sepatunya kesayangannya.
Merek sepatu sport bukannya hanya Gibor tetapi ada juga Ardiles, Spec, Diadora, League, New Era, Adidas, Sportek, Presies, Nike, Logo dan lain-lain. Model sepatu sport berbeda satu sama lain disesuaikan dengan jenis olah raganya. Semacam sepatu sepak bola berbeda dengan sepatu badminton. Contohnya adalah olahragawan Indonesia seperti Taufiq Hidayat dengan Bambang Santoso. Kedua figur tersebut akan memakai sepatu yang berbeda mulai dari alas sepatu, bahan, berat, dan motif yang berbeda karena jenis olah raganya yang mereka geluti pun tidak sama.

0 komentar:

Posting Komentar