Senin, 03 Desember 2012

Sepatu Nike Yang Melegenda



Oleh Adi Supriyanto
Nike didirikan oleh Phil Knight, seorang pelari jarak menengah dan mahasiswa akuntansi di Universitas Oregan bersama pelatih Bill Bowerman Phil. Cinta mereka pada olahraga membuat mereka selalu bersama dan mereka juga memiliki cinta kepada teknologi sepatu olahraga dan pakaian. Pada tahun 1962 Knight berhasil menyelesaikan studi dan melanjutkan rencana untuk berkeliling dunia. Salah satu negara yang dikelilinginya adalah Jepang. Disana ia bekerja untuk Onitsuka Tiger. Ketika bekerja dia berfikir bahwa akan mendapat keuntungan lebih banyak jika dia menghasilkan produk sendiri.
Pada tahun 1971 seorang karyawan Jeff Johnson terpikir untuk memberi nama Nike (dewi Yunani setelah kemenangan) untuk perusahaannya. Akhirnya Phill Knight memperoleh nama untuk usahanya yang saat ini menjadi perusahaan besar. Setelah itu ia juga membutuhkan sebuah logo untuk perusahaanya. Dia meminta kepada Caroline Davidson, seorang teman mahasiswa di Universitas Oregan untuk merancang logo untuk Nike yang kemudian dikenal dengan sebutan “The Swoosh”
Nike pada awalnya hanya dikenal sebagai parusahaan sepatu lari tetapi pada tahun 1984 nike menandatangi kerjasama dengan pemain basket Michael Jordan yang hingga saat ini menjadi bagian dari Nike. Dengan perekembangan fashion saat ini dan teknologi yang semakin canggih, Nike terus memajukan produksinya hingga kesemua bagian fashion mulai dari alas kaki, sepatu, celana, baju, dan lain-lain.
“karena sepatu nike sudah mempunyai konsumen yang loyal dan para konsumen pun telah membuktikan sendiri bahwa sepatu nike layak dipakai untuk kemana-mana, ketika kita melihat seseorang memakai sepatu nike, ia merasa semakin pede dan nyaman dengan merek nike dari perusahaan Amerika tersebut yang dipakainya, Ujar Ari sebagai penjual online sepatu merek nike. “Disatu sisi semua orang pasti mengenal yang namanya Nike. Kalau orang tersebut tidak mengetahui Nike berarti mereka katrok” lanjut ari sambil tersenyum.
Dari data situs kaskus.us bahwa 10 merek sepatu terpopuler didunia adalah milik merek Nike yang menduduki peringkat satu, dengan disusul merek Converse, Adidas, Puma, Vans, DC (Dc Shoecousa), Reebok, Marc Ecko, New Balance dan Royal. Dengan demikian nike menjadi yang terbaik dari semua manufaktur alas kaki. Sesuai data pada tahun 2008, Nike memiliki lebih dari 30.000 karyawan di seluruh dunia. Suatu hal yang menarik perhatian tentang Nike adalah bahwa dibutuhkan nama dari dewi kemenangan Yunani yang dapat membawa Nike menjadi legenda dan mengungguli merek lain di pasaran global.

0 komentar:

Posting Komentar