Senin, 03 Desember 2012

Satellite L645, Kemewahan Notebook


Oleh Arifin
 Konsumen tentu saja atau bahkan anda sendiri ketika diributkan pada kebutuhan untuk membeli laptop sangat bingung apalagi pada zaman seperti saat ini begitu banyak varian jenis, merk dan type laptop yang beraneka ragam. Lihat saja, dulu laptop menjadi barang mewah, tiga tahun lalu beli Produk Toshiba masih di atas 8 juta itupun sederhana.
Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut karena banyak dan sering pula kita jumpai konsumen menentukan pilihan secara spontan begitu mereka dihadapkan pada berbagai macam pilihan di lapangan yang secara instan.
Kondisi ini yang menimbulkan permasalahan dikemudian hari akibat kurangnya pengetahuan dan persiapan yang dimiliki oleh konsumen. Salah satu caraya adalah dengan menentukan untuk tujuan apa anda membeli laptop? apa hanya keperluan standart Office, Gamer, atau untuk para Programmer dan Arsitek yang butuh spek tinggi?.
Dari awal, Toshiba menjanjikan Satellite L645 sebagai representasi kemewahan notebook Toshiba namun dengan harga terjangkau. Hal ini terlihat dari penampilan notebook ini yang mengilat karena menggunakan lapisan Fusion Finish yang biasanya hanya digunakan pada notebook kelas atas Toshiba. Penampilan Fusion Finish belakangan ini cenderung mudah menangkap sidik jari.
Notebook ini sendiri satu dari sedikit notebook yang menggabungkan Core i3 dengan kartu grafis mandiri, dalam hal ini ATI HD Radeon 5145 (512MB). Performanya cukup bagus meski tidak secepat Nvidia GeForce GT335 yang digunakan Forsa FS-7618. Namun berbeda dengan merk lain, notebook ini ternyata dapat bertahan lama dalam mode baterai. Pengujian menunjukkan notebook ini dapat menjalankan Test Mode Battery Eater selama 4 jam 25 menit; atau hanya kalah dari Acer Aspire 4741.
Ada banyak aplikasi yang disertakan Toshiba di notebook ini. Contohnya Toshiba eco Utility yang dapat menampilkan konsumsi daya notebook secara real-time, termasuk pilihan untuk menghemat daya menggunakan eco Mode. Utility lain yang kami suka adalah PC Health Monitor yang menampilkan temperatur prosesor dan kesehatan baterai. Aplikasi ini muncul setiap kali Anda menyalakan komputer, sehingga memudahkan akses ke menu informatif tersebut.
Layarnya sendiri menimbulkan perasaan bercampur. Di satu sisi, layar tersebut mampu menghasilkan warna yang akurat. Namun di sisi lain, lapisan anti-glare-nya mudah memantulkan bayangan, utamanya pada lingkungan yang terang.
Menurut Arifin pemilik laptop Toshiba Satellite L645,”Laptop ini bagus dan ekonomis bagi anda yang ingin mempunyai laptop bagus yang ekonomis, Toshiba bisa menjawab. Mengapa Toshiba terkesan murah? Kebanyakan dari Toshiba tidak disertai Sistem Operasi bawaan. Jadi anda harus menginstalnya sendiri. Kelemahan dari laptop ini adalah rata-rata design adalah design yang klasik. Maksudnya berbentuk kotak. Sudah banyak beredar di pasaran” ungkap Arifin.
Setelah terbiasa dengan harga premium notebook Toshiba, ini cukup skeptis saat menerima Satellite L645. Meski terbilang tidak lumayan, notebook ini ternyata memberikan kinerja yang memuaskan. Harganya yang Rp.7,9 juta memang menjadi yang termahal di pengujian ini, namun hal itu sudah termasuk Windows 7 Home Premium, kartu grafis Radeon HD5145, eSATA, serta harddisk dengan kapasitas 500GB.



0 komentar:

Posting Komentar