Senin, 03 Desember 2012

Ketika Intel “Sepadan” dengan AMD


Oleh Taufiqurrahman
Perang harga memang tidak bisa dihindari saat persaingan begitu kuat. Berbagai strategi dan inovasi produk selalu menjadi andalan untuk mengikat konsumen. Kondisi ini dialami di dunia gadget. Diantaranya adalah produk-produk notebook atau laptop. “Notebook sekarang kan sudah menjadi kebutuhan primer mahasiswa, jadi pasti setiap tahun produk ini akan diburu mahasiswa-mahasiswa yang akan kuliah” kata Salim, salah satu penjaga stan pameran di Jogja Ekspo Center yang ditemui sabtu (1/12) kemarin.
Pameran yang berlangsung 1-5 Desember 2012 itu mengusung tajuk APKOM Year End Sale (YES) 2012 . Berbagai produk-produk elektronik keluaran luar negeri menghiasi seluruh ruang itu. Salah satunya adalah notebook Acer Core i3. Menurut Salim notebook yang menggunakan intel core i3 sudah ideal untuk digunakan sebagai perangkat dalam kerja-kerja kreatif, dunia design dan multimedia. “Core i3 ini masih dibawah core i5, core i7 dan core i9. Meski begitu kemampuannya cuma beda tipis” tambah Salim.
Produk Acer yang telah menggunakan core i3 ini adalah Acer Aspire 5742. Selain lumayan ringan produk ini menawarkan ketahan baterai yang luar biasa, mampu bekerja hingga 7 jam berkat teknologi Optimus. Sesuai dengan reputasi seri Timeline, Acer Aspire 5742 ini juga merupakan notebook dengan performa tinggi perbaikan dari berbagai lini, terutaman didukung dengan VGA yang mumpuni.
Keunggulan notebook yang menggunakan Core i3, menurut Salim itu maksudya notebook memiliki 4 inti processor, yang artinya bisa mengerjakan 4 kerja komputer sekaligus karena dengan menggunakan Core i3 sama dengan menggunakan 4 komputer dalam satu mesin.
Selain itu ada Turbo Boost, untuk meningkatkan kerja komputer tanpa perlu menggunakan Over clock. Dengan menggunakan Intel Core i3, penggunaan listrik jadi lebih hemat, karena processor ini secara otomatis menggunakan watt yang lebih sedikit dibandingkan processor sebelumnya dan mengatur penggunaan energi untuk komputer sehingga lebih hemat listrik
Meski processor AMD itu memang diproduksi untuk design, akan tetapi Produk Intel Core-i dengan didukung Intel HD Graphics. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core-i grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD. Sehingga untuk design maupun multimedia sudah sangat bagus” ungkap pria asal Ngawi, Jawa Timur ini.
Keunggulan ini juga di akui oleh Puji Hartanto, mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “saya menggunakan acer core i3 sudah hampir setahun tidak ada masalah berarti, bahkan baterainya masih kuat bertahan 5-6 jam. Dengan intel core i3 ini sudah sangat bagus untuk desain, ya kalau boleh dibilang, sama processor AMD tidak kalah deh” kesan Puji yang juga bekerja di Ovindo Publisher ini.

0 komentar:

Posting Komentar