Selasa, 11 Desember 2012

Mengenal “Si 8”

Oleh Projo Bayu Aji

Windows 8 nampaknya akan menjadi primadona baru dikalangan pengguna gadget. Hal ini dikarenakan banyak nya fitur-fitur dan kelebihan–kelebihan baru, seperti layar sentuh dan proses booting yang sangat cepat yaitu kurang dari 10 detik, komputer yang dapat menjalankan Windows 7 berarti mampu juga menjalankan Windows 8, yang artinya user tidak perlu meng-upgrade komputer. Windows 8 mampu berjalan dengan baik dengan hanya menggunakan RAM 1 GB dan prosesor intel atom.
Disini Microsoft terkesan sangat ingin memperluas jangkauan dari Windows 8 dan memperbanyak pengguna untuk menggunakan Windows 8. Hal ini dapata dilihat Windows 8 telah mendukung Chip ARM yang mana kebanyakan tablet menggunakan Chip ARM selain. Selain itu tersedia juga Appstore Windows 8 dengan demikian pengguna tidak usah kebingungan untuk mencari aplikasi, pengguna bisa mengunduh atau membeli aplikasi yang dapat mengoptimalkan Windows 8.
Namun tentunya Windows 8 juga memiliki beberapa kekurangan seperti berpindah antar screen menjadi sulit. Kebiasaan pengguna yang memakai windows 7 atau windows XP ketika berpindah aplikasi yang sedang aktif adalah menggunakan alt + tab. Hal ini tidak bisa lagi dilakukan di Windows 8 karena fitur ini telah di hapus dan digantikan dengan cara menggerakan mouse ke arah kiri dan kemudian akan muncul pop up yang di dalamnya terdapat aplikasi yang sedang aktif.
Masalahnya jika menggunakan banyak aplikasi yang sedang aktif akan membuat repot pengguna. Selain itu tidak bisa merubah tiles menjadi icon, ketika ukuran tiles yang paling kecil masih saja terkesan terlalu besar akan membuat tampilan jika banyak aplikasi menjadi kacau karena ukurannya yang terlalu besar. Opsi untuk mengubah tiles menjadi icons sudah tidak ada lagi di Windows 8. Itulah beberapa info mengenai Windows 8 semoga bermanfaat bagi anda

0 komentar:

Posting Komentar