Selasa, 11 Desember 2012

Piyama Cantik Untuk Tidur


Oleh Irma Suryani
Setelah merasa lelah dalam menjalani aktivitas harian, sangat dianjurkan untuk segera beristirahat pada malam harinya. Selain sebagai pemulihan energi untuk digunakan esok pagi, istirahat malam juga merupakan bagian dari mempertahankan pola hidup agar tetap sehat. Pakaian yang dikenakan saat tidur malam tentu berbeda dengan busana yang dikenakan waktu beraktivitas di siang hari. Kini, baju untuk istirahat pun telah tersedia di pasaran bebas yang dapat dijumpai dimana saja.
Busana khusus untuk istirahat malam biasa disebut piyama atau baju tidur. Berbeda dengan busana untuk aktivitas luar rumah, baju tidur ini didesain dengan pola yang sederhana, tidak banyak aksesoris, dan simpel. Selain itu, ukuran baju tidur selalu dibuat longgar agar menjaga kenyamanan saat istirahat malam. Sesuai dengan pengakuan Cut Ananda Steffani, “piyama yang aku pakai kebanyakan longgar, karena saat tidur tubuh harus rileks dan tidak boleh tertekan oleh pakaian yang ketat”, ungkap mahasiswi Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan “YLH” ini.
 Piyama khusus wanita sebagian besar didominasi oleh warna – warna cerah yang lembut seperti pastel, kuning gading, hijau muda, biru, merah muda, putih, dan orange. Sulit ditemui piyama dengan warna gelap dan pekat. Selain itu, motif kain pun tetap mengedepankan kesan feminis seperti motif tutul kecil, garis samar, bunga, dan kupu – kupu kecil. Juga tersedia baju tidur polos dengan tambahan gambar dan bordir tokoh kartun seperti winnie the pooh, tweety, kucing, dan burung kecil. “Baju tidur yang saya sukai itu yang bergambar kucing dan hamster, juga ada yang bermotif tutul”, lanjut Steffani menjelaskan.
Lebih lanjut, bahan yang digunakan dalam pembuatan piyama perempuan adalah kain katun dan paris. Kedua bahan ini mempunyai tekstur yang lembut dan menyerap keringat sehingga cocok digunakan saat istirahat. “Semua piyama yang dijual disini terbuat dari katun asli, ada juga yang dari kain paris”, tutur Dita, seorang penjaga stand pakaian di Pamella Supermarket. Selain bahan katun dan paris, kain sutera juga cocok digunakan sebagai piyama. Namun, harga yang cukup mahal membuat piyama sutera mempunyai pasaran terbatas pada kalangan elite saja. “Ada juga piyama yang pakai sutera, tetapi itu tidak dijual disini karena mahal”, lanjut Dita.
Berbicara mengenai harga, baju tidur berbahan katun dan paris di Pamella Supermarket dijual dengan patokan Rp 35.000,00 sampai dengan Rp 75.000,00 saja. Harga ini sesuai dengan kualitas katun yang digunakan. Semakin tebal dan lembut katun piyama, semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. “kalau semakin bagus bahannya kan makin mahal juga, mbak”, tutup Dita mengakhiri pembicaraan.


0 komentar:

Posting Komentar